Wisata Wakatobi Ternyata Hanya Singkatan Saja

Diposting pada

Wakatobi diresmikan sebagai taman nasional di tahun 1996. Nama Wakatobi, merupakan akronim nama empat pulau besar di kepulauan di tenggara Sulawesi tersebut, yakni Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko, yang menjadi sebuah atraksi menarik taman nasional dengan total area 1,39 juta ha itu.

wakatobi laut - Wisata Wakatobi Ternyata Hanya Singkatan Saja

Dalam hal keanekaragaman pantai maupun laut, skala dan kondisi karang, Wakatobi telah menempati salah satu posisi yang unggul sebagai prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia, baik itu dari segi pantai ataupun bawah laut. Selain itu, Wakatobi juga merupakan bagian yang sangat penting dalam sebuah jaringan yang saling memenuhi dari Kawasan Perlindungan Laut disepanjang pesisir Tenggara Sulawesi.

Sekitar pada akhir tahun 2002, WWF telah berkolaborasi dalam suatu bentuk wujud kemitraan dengan The Nature Conservancy untuk membantu dalam pengelolaan TN Wakatobi untuk memperbaiki rencana pengelolaan, zonasi dan penerapan pengelolaan kawasan di daerah ini.

Keindahan alam di Indonesia Timur seolah tidak ada habisnya dan Wakatobi merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun. Wakatobi sendiri telah lama menjadi primadona bagi para pecinta selam baik dari Indonesia maupun dari seluruh dunia karena keindahan alam bawah lautnya yang sangat mengesankan. Banyak sekali spesies yang ditemukan, tidak kurang dari 750 spesies karang dan 942 spesies ikan tercatat telah menghuni diwilayah perairan Wakatobi ini.

Diharapkan, kerjasama ini akan membantu taman nasional Wakatobi menerapkan strategi pengelolaan terbaik berbasis informasi lengkap dan realita sosial ekonomi lokal. Kerjasama ini akan mencakup pembangunan struktur pengelolaan kolaboratif, rancangan keuangan jangka pendek dan jangka panjang, mata pencaharian alternatif, modul pengelolaan seperti penjangkauan dan kepedulian, pengamatan, penelitian dan pembuatan zonasi.

Wakatobi ternyata juga memiliki destinasi wisata lain yang akan membuat anda terkagum-kagum. Mau tahu apa saja?

1. Menyelami Nirwana Bawah Laut Tomia dan Onemohute
2. Menikmati Ketenangan di Pantai Pulau Hoga
3. Beramah Tamah dengan Suku Bajo (Sea Gypsies) Sambil Berburu Oleh-oleh di Desa Pajam, Pulau Kaledupa
4. Mandi Di Kolam Yang Bikin Enteng Jodoh, Goa Kontamale
5. Goa Dengan Kolam Air Tawar Unik, Pemandian Alam Hendaopa
6. Puncak Kahyangan, Puncak Tomia
7. Melihat Para Pandai Besi Terbaik Nusantara Di Pulau Binongko
8. Berkunjung Ke Pulau Seribu Penyu, Pantai Pulau Anano
9. Hip-Hip Hura Main Air Di Pantai Cemara
10. Jernihnya Danau Sombano, Danau Di Tengah Hutan Mangrove
11. Menjelajahi Hutan Sakral Masyarakat Wakatobi, Hutan Lindung Tindoi
12. Makan-Makan Enak Di Wasabinua Resto dan Wisata Kuliner Tradisional Wakatobi

Dari 12 (deduabelas) destinasi wisata di atas tentunya masih sebagian kecil dari apa yang bisa kamu temui secara langsung di Wakatobi. Wakatobi mampu menyuguhkan keramahan para penduduknya dengan berbagai kearifan lokal dan ragam budaya yang mengagumkan, Wakatobi memberikan anda pemandangan alam yang luar biasa indahnya.