Wisata Borobudur Merupakan Kuil Budha Terbesar di Dunia

Diposting pada

Kompleks Candi Borobudur adalah candi Budha terbesar di dunia dan merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Salah satu objek wisata yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, dibangun pada abad ke-8. Sebuah keajaiban arsitektur Buddha, dengan beberapa platform saling bertumpuk, kuil ini ditutup dengan sebuah kubah megah yang mengintip di atasnya. Kuil ini juga dihiasi dengan ratusan panel relief dan patung-patung Buddha dalam berbagai posisi meditasi, yang sebagian besar masih utuh sampai sekarang. Candi itu sendiri terletak hanya 45 menit dari kota metropolis Yogyakarta yang berkembang.

wisata borobudur
wisata borobudur

Kompleks candi memiliki tiga struktur – candi Borobudur utama dan dua candi kecil lainnya, yaitu Candi Mendut dan Pawon. Menyusul pekerjaan restorasi besar yang dilakukan UNESCO pada tahun 1973, itu kembali mulai digunakan sebagai tempat ibadah. Panel dan relief di kuil menceritakan berbagai kisah, termasuk kisah Pangeran Siddhartha dan kelahiran Buddha. Wisata matahari terbit yang memberikan pengunjung perspektif kompleks candi Borobudur yang bermandikan sinar matahari pagi sangat populer.

Wisata Candi Borobudur ini merupakan kawasan kuil Budha terbesar di Dunia. Tidak jarang dunia internasional mengakui keberadaan dan kemegahan bangunan Borobudur ini. Setiap hari banyak turis lokal maupun mancanegara mengunjungi Borobudur, meskipun hanya melihat dan mengabadikan momen mereka dengan mengambil gambar / foto dengan background Candi Borobudur.

Sejarah Singkat

Sementara asal-usul yang tepat dari kompleks candi itu ambigu, Borobudur secara luas diyakini telah dibangun pada abad ke-9, di bawah pemerintahan Dinasti Sailendra. Ini sangat dipengaruhi oleh bentuk seni Buddha dan India dari periode Gupta. Itu digunakan sebagai tempat ibadah, tetapi kemudian secara bertahap ditinggalkan untuk alasan yang tidak diketahui oleh kami, dan bersembunyi di abu vulkanik dan hutan. Pekerjaan restorasi secara bertahap dilakukan sejak abad ke-19, dan UNESCO menyatakannya sebagai situs warisan dunia pada tahun 1991. Saat ini, kuil ini memiliki ribuan pengunjung setiap hari dan telah menjadi pusat wisata di wilayah tersebut.

Fakta Sejarah yang Menarik

  • Kompleks candi pada dasarnya adalah serangkaian tiga candi yang terletak di garis lurus – Borobudur, Pawon, dan Medut.
  • Dipercayai bahwa mereka adalah bagian dari penyembahan ritualistik kuno.
  • Ini juga merupakan perdebatan arkeologis yang sedang berlangsung bahwa kompleks candi Borobudur pada dasarnya adalah sebuah danau dan candi itu sendiri dibuat agar terlihat seperti bunga teratai yang mekar di danau tersebut.
  • Cetak Biru Borobudur menunjukkan bahwa strukturnya seperti struktur Mandala.
  • Ini adalah monumen yang paling banyak dikunjungi di Indonesia dan melihat lebih dari 2,5 juta kunjungan setiap tahun.

Apa waktu terbaik untuk mengunjungi Borobudur?

Waktu terbaik untuk mengunjungi Borobodur adalah dari bulan April hingga Agustus. Tidak terlalu panas atau terlalu dingin selama tahun ini, dan pagi hari menyenangkan. Musim semi dimulai September dan seterusnya, dan wilayah ini mengalami hujan, yang berlanjut hingga November. Selama musim panas, yang berlangsung dari Desember hingga Maret, cuaca panas dan lembab dengan jumlah curah hujan tertinggi di tahun ini.