Mengenal Wisata Alam dan Wisata Sejarah Kota Salatiga

Diposting pada

Mengenal Wisata Alam dan Wisata Sejarah Kota Salatiga – Kota Salatiga merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Semarang. Kota Salatiga terletak kurang lebih 49 KM di sebelah selatan Kota Semarang dan 52 KM di sebelah utara Kota Surakarta, serta berada di jalan nasional yang menghubungkan antara Semarang dengan Surakarta.

Kota Salatiga terkenal akan peninggalan bangunan sejarah, wisata alam dan wisata sejarah. Mulai dari bangunan museum, benteng sampai taman alam yang indah. Wisata di Kota Salatiga untuk tiket masuk cukup murah dan terjangkau. Tak mau kalah dengan potensi wisata kabupaten sekitarnya yaitu wisata semarang, Salatiga menawarkan wisata alam dan wisata sejarah sebagai berikut.

kota salatiga 630x380 - Mengenal Wisata Alam dan Wisata Sejarah Kota Salatiga

Museum Kereta Ambarawa

Apakah Anda ingin mengalami mengendarai kereta uap berusia 100 tahun? Pastikan untuk mengunjungi Museum Kereta Ambarawa. Seri duduk untuk 40 orang dapat membawa pengunjung dari Ambarawa ke Tutang (pulang pergi). Untuk mendapatkannya, Anda dikenai Rp 50.000.

Untuk menghindari keadaan yang sudah penuh dipesan, cukup berangkat awal jam 8 pagi. Itu memang memiliki kapasitas terbatas. Jam buka adalah dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Untuk mencapai tempat itu, pergi dengan bus berangkat ke Ambarawa dari Salatiga kemudian lanjutkan perjalanan Anda dengan berjalan kaki.

Benteng Pendem

Benteng bernama Benteng Wilem I sering disebut benteng Pendem akan bagus untuk mereka yang mencintai sejarah. Dibangun pada tahun 1834, struktur ini tetap berdiri dengan elegan meskipun beberapa bagian mengalami kemunduran.

Para pengunjung harus berhati-hati ketika menjelajahi bangunan yang tidak terawat yang terletak di kompleks penjara kelas II, Ambarawa. Untuk memasuki situs, Anda memerlukan izin dari panduan penjara. Orang-orang harus mematuhi aturan seperti menjaga kebersihan dan keheningan. Beberapa ruang tetap menjadi ruang penjara. Untuk mendapatkan biaya gratis, Anda bisa datang antara jam 8 pagi hingga 4:30 sore – ditutup pada hari Jumat. Untuk sampai di sana, Anda bisa berjalan kaki dari museum kereta.

Palagan Ambarawa

Salah satu tempat bersejarah di Salatiga adalah Palagan Ambarawa – dulu merupakan medan perang antara Indonesia dan sekutu. Pertempuran Ambarawa digerebek oleh sekutu di bawah komando Belanda.

Untuk memperingati pertarungan, Monumen Palagan dibangun. Di daerah itu, Anda dapat melihat beberapa benda bersejarah seperti mustang Belanda, truk, meriam, dan seri. Untuk memasuki tempat itu, Anda dikenai sekitar 5.000 IDR. Jam buka adalah dari jam 8 pagi sampai 6 sore. Monumen Palagan Ambarawa adalah pemberhentian terakhir dari bus umum yang berangkat ke Ambarawa dari Salatiga.

Taman Kopeng

Salah satu tempat paling asyik untuk nongkrong tidak lain adalah Taman Kopeng yang terletak di Jalan Raya Salatiga-Kopeng. Pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, tujuan wisata adalah kebanggaan lokal. Meskipun milik Kabupaten Semarang, Taman Kopeng selalu dikaitkan dengan Salatiga karena lokasinya yang dekat.

Terletak di kaki Gunung Merbabu, Gunung Andong, dan Gunung Telomoyo, Taman Kopeng menampilkan beberapa pemandangan spektakuler. Ini cocok untuk tantangan cinta itu – beberapa olahraga adrenalin ditawarkan di situs.

Anda dapat mencoba flying fox (tinggi 12 meter untuk orang dewasa dan tinggi 6 meter untuk anak-anak). Jika Anda membutuhkan lebih banyak, cukup gunakan pelompat laba-laba yang Anda lambungkan dari ketinggian 20 meter. Sayangnya, anak-anak tidak diperbolehkan mengendarai yang satu itu – alternatif bagi mereka bisa berupa lorong gantung.

Untuk menjelajahi taman hiburan, Anda akan dikenai 10.000 IDR. Biaya tambahan diberikan jika Anda pergi untuk perjalanan. Tempat wisata lain yang dapat Anda lewatkan termasuk trampolin bersih, panjat tebing, Taman Air, taman bermain, berkebun, ATV, dan biliar. Jika Anda masih membutuhkan lebih banyak hal untuk dilakukan, Anda lebih baik tinggal di akomodasi di tempat. Jam buka dari 8 pagi sampai 4:30 WIB (sore).