Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Anda Lebih Nyaman

Diposting pada

Lebaran adalah moment satu tahun sekali yang dapat dimanfaatkan untuk berkumpul bersama kerabat tercinta. Bagi Anda yang saat ini sedang berada jauh dari kampung halaman, moment lebaran adalah waktu yang sangat tepat untuk mudik. Setelah hampir satu tahun tidak bertemu dengan mereka yang ada di kampung halaman, kini saatnya pulang dan bersilaturahmi dengan saudara di sana. Berikut adalah tips mudik lebaran yang dapat Anda lakukan agar mudik menjadi Anda tahun ini menjadi aman, nyaman, dan menyenangkan.

hariraya 630x380 - Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Anda Lebih Nyaman

SEBELUM MUDIK LEBARAN

Beberapa hal di bawah ini dapat dipersiapkan sebelum berangkat mudik agar perjalanan mudik terasa aman dan nyaman, sebagai berikut :

Tentukan Kendaraan yang Akan Digunakan

Banyak opsi kendaraan yang dapat dipilih untuk menuju kampung halaman. Yang paling penting, perhatikan keamanan dan kenyamanan kendaraan yang akan anda gunakan. Jika Anda mengendarai mobil pribadi, periksa dan persiapkan terlebih dahulu kendaraan Anda seperti membawanya ke bengkel. Lalu, carilah jalur mudik alternatif yang aman. Persiapan jalur yang matang dapat membantu Anda mengurangi kemacetan di jalan. Jika anda menggunakan fasilitas kendaraan umum, seperti pesawat maupun kereta, maka cari kendaraan yang paling nyaman saat mudik.

Atur Anggaran Pengeluaran Selama Mudik

Selama Anda mudik, dapat dipastikan banyak pengeluaran yang akan Anda keluarkan untuk sampai di tempat tujuan dan juga selama di sana. Yang perlu anda perhatikan salah satunya sebelum mudik, buatlah daftar anggaran pengeluaran, seperti anggaran pengeluaran untuk tiket, penginapan, angpao lebaran, oleh – oleh, dan pengeluaran tak terduga. Hal ini sangat penting karena dapat membantu Anda mengetahui berapa besar kisaran pengeluarannya dan dapat mempersiapkan keuangan Anda sebelum bepergian. Jika Anda dapat menggunakan hanya uang THR untuk mudik, itu adalah hal yang baik.

Persiapkan Barang Bawaan

Selanjutnya adalah Tips mudik lebaran dengan membuat daftar barang bawaan beberapa hari sebelum pergi. Pastikan daftar barang bawaan berguna agar tidak ada barang yang tertinggal. Hal ini dikarenakan jangan sampai ada barang penting yang tertinggal, seperti charger, gadget atau kamera, karena lokasi tujuan yang jauh dari tempat tinggal sehingga akan menyulitkan mencari barang pengganti yang tertinggal. Barang yang sudah terdaftar tersebut jangan terlalu banyak karena nanti akan merepotkan di kendaraan dan juga dapat dipastikan saat pulang barang yang dibawa akan bertambah karena buah tangan. Selain itu, jika naik pesawat, barang yang melampaui kapasitas juga akan dikenakan biaya bagasi tambahan.

Siapkan Fisik dan Obat-Obatan Pribadi

Mudik dapat dikatakan sebagai aktivitas yang cukup melelahkan. Dalam perjalanan anda harus mempersiapkan kesehatan fisik yang prima agar tidak mudah sakit saat perjalanan. Apalagi jika Anda menyetir atau sebagai pengemudi kendaraan pribadi, anda harus mempersiapkan kondisi fisik yang sehat untuk menghindari resiko kecelakaan. Olahraga kecil rutin setiap hari dan istirahat yang cukup serta makan yang dijaga dapat menjaga kondisi tubuh tetap sehat. Persiapkan juga kotak P3K dan juga obat – obatan pribadi jadi jika ada yang sakit di jalan dapat langsung diobati dan dapat mudik kembali dengan nyaman.

SAAT MUDIK LEBARAN

Pada saat mudik lebaran tiba, dengan melakukan cara seperti ini dapat membantu Anda saat mudik lebaran akan terasa lebih menyenangkan.

Siapkan Uang Tunai Secukupnya

Pasti banyak biaya tak terduga yang dikeluarkan, seperti tiket objek wisata, membeli air mineral saat perjalanan mudik dan saat di kampung halaman, dan lainnya. Di kampung halaman yang jauh dari kota juga sulit ditemukan keberadaan mesin ATM. Banyak juga tempat membeli oleh – oleh yang tidak mempunyai mesin EDC (Electronic Data Capture). Siapkan uang tunai secukupnya dan juga siapkan uang tunai cadangan. Sebaiknya, uang tunai cadangan dipisahkan tempatnya agar tidak terpakai untuk hal yang tidak terlalu penting.

Bawa Hiburan Selama Mudik

Selama perjalanan, Anda dapat mengisi waktu dengan smartphone. Persiapkan smartphone kesayangan Anda dan jangan lupa untuk mengisi daya baterainya. Anda juga dapat membawa powerbank agar tetap bisa mengisi batrai gadget di jalan. Jangan lupa juga untuk mengisi pulsa agar tetap tersambung ke internet dan juga ada persiapan dalam keadaan darurat. Anda juga dapat menambah kebersamaan dengan saudara dengan cara membawa papan permainan yang dapat dimainkan selama perjalanan untuk menghabiskan waktu.

Jangan Terlalu Boros Membeli Oleh–Oleh

Membawa dan Membeli oleh–oleh khas adalah tradisi yang wajib dilakukan oleh mereka yang mudik. Dalam membeli oleh –oleh, jangan takut untuk menawar harganya, tetapi jangan juga menawar terlalu sadis agar tetap mendukung usaha daerah. Anda juga dapat memakai bahasa daerah agar timbul rasa kebersamaan ke pedagang. Jika Anda berpergian dengan banyak saudara, belilah oleh – oleh bersama dalam jumlah yang banyak karena biasanya membeli banyak sekaligus akan mendapatkan potongan harga.

Selfie dengan Sanak Saudara

Kerinduan anda dikampung halaman akan terobati, maka nikmatilah dan manfaatkanlah moment lebaran ini dengan kerabat di kampung halaman. Waktu lebaran adalah mungkin adalah waktu satu tahun sekali yang Anda dapatkan untuk berkumpul dengan saudara yang tinggal jauh dengan Anda. Jangan memikirkan waktu untuk cepat balik ke kota asal. Lakukan kegiatan yang menyenangkan dan abadikan setiap moment. Abadikanlah moment setahun sekali dengan cara mengajak seluruh anggota saudara Anda untuk berfoto bersama. Jadikan moment foto bersama tersebut sebagai kenang–kenangan libur mudik anda.

Itulah Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Anda Lebih Nyaman, Semoga Lancar, Aman, Sehat dan Selamat Sampai Tujuan.