Fungsi Dan Penjelasan Detail Mengenai Pengertian Domain Untuk Sebuah Website Di Internet

Diposting pada

gerakserentak.com – Siapa yang tidak mengenal internet, tentunya semua orang mengetahui apa itu internet. Karena memang sangat jelas sekali terasa dampak positif dari perkembangan internet yang semakin hari semakin pesat. Tidak sedikit orang yang ketergantungan dengan yang namanya internet ini, mengapa tidak bila kita amati baik remaja ataupun dewasa tidak terlepas dari gadgetnya yang tentunya gadget tersebut memerlukan koneksi internet untuk mengakses beberapa aplikasi.

Pengertian Domain

Bila kita berbicara masalah internet tentunya sangat berkaitan erat dengan website. Tentunya beragam informasi yang kita butuhkan banyak sekali tersedia di website tersebut. Untuk membuat sebuah website tentunya kita membutuhkan hosting sebagai media penyimpanan berkas serta domain sebagai alamat untuk mengakses website kita. Berbicara masalah domain tentunya merupakan hal yang sangat menarik karena domain memang sangat penting serta merupakan identitas dan kebanggaan tersendiri terhadap pemilik website.

Pengertian Domain

Pengertian Domain sendiri merupakan sebuah nama unik untuk mendefinisikan nama server komputer seperti email server atau web server pada jaringan internet. Domain sendiri berfungsi untuk mempermudah pengguna internet mengakses server yang juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengingat deretan ip address. Sebagai contoh bila ip dari website kita 22.162.90.67 dan kita langsung mengetikan angka tersebut pada browser kita, maka website kita akan dapat di akses. Namun bila kita memiliki nama domain misalnya “gerakserentak.com”, maka kita tidak perlu mengetikan deretan angka yang rumit tadi namun kita cukup mengetik nama domain saja untuk mengakses website kita.

Untuk lebih memudahkan anda memahami istilah yang terkandung pada domain akan kami jelaskan sedikit. Misalkan kita memiliki alamat website https://www.gerakserentak.com, maka dapat didefinisikan sebagai berikut.
www = Subdomain
gerakserentak = Nama domain
.com = Domain.

Pengertian Top Level Domain sendiri merupakan akhiran dari nama domain yang merupakan pemilik tingkatan tertinggi domain tersebut. Berikut contoh dari Top Level Domain:

com = (Organisasi Profit/Komersil)
gov = (Pemerintah)
edu = (Institusi pendidikan)
org = (Organisasi nonprofit)
mil = (Militer)
net = (Organisasi Network)
ca = (Negara Kanada)
tv = (Televisi)

Broadcast domain merupakan divisi logis dari sebuah jaringan komputer, yang di mana semua node dapat terhubung satu sama lain dengan broadcast pada lapisan data link.domain broadcast yang dapat berada dalam segmen LAN yang sama atau dapat dijembatani untuk segmen LAN lain.

Baca Juga : Tips Sukses Menjadi Affiliate Marketing [Updated]

Pengertian Domain

Dirasa cukup sekian penjelasan dari kami mengenai Pengertian Alamat Domain. Semoga saja informasi di atas dapat menjadi referensi terbaik bagi anda. Terima kasih juga untuk anda yang telah menyempatkan waktu anda untuk menyimak informasi dari gerakserentak.com mengenai Apa Pengertian Domain