Pantai Wawaran Pacitan

Diposting pada

Kabupaten Kebonagung, Kabupaten Pacitan adalah salah satu kota kabupaten yang terletak di garis pantai selatan, selain memiliki pemandangan gunung yang indah, kota ini juga memiliki potensi besar sektor pariwisata dan sektor perikanan pesisir. Dinamakan Pantai Wawaran adalah pantai penghasil ikan yang produktif dan prestatif. Pantai Wawaran memiliki panorama alam laut selatan dengan ombak yang cukup besar, juga memiliki produk ikan yang berkualitas tinggi.

Pantai Wawaran Pacitan

96. wawaran beach pacitan 630x380 - Pantai Wawaran Pacitan
pantai wawaran pacitan

Pantai Wawaran adalah pusat pengembangan penangkapan ikan yang telah diberikan oleh Presiden. Di bawah Koperasi Mina Upadi, bisnis penangkapan ikan berkembang pesat dan mulai menerapkan modernisasi penangkapan ikan, seperti penggunaan GPS. Selain itu, pantai ini adalah pusat nelayan yang memenangkan Optimalisasi Perikanan (Optikapi) Tingkat Nasional pada 2005.

Pantai Wawaran Pacitan terletak di Dusun Wawaran yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, pemandangan alam yang sangat menawan. Pantai ini juga memiliki pasir putih dan hamparan hutan bakau dan pohon-pohon palem di sepanjang pantai, melengkapi keindahan alam di kabupaten Kebonagung. Ombak yang menghantam karang kapan saja di satu sisi tebing curam, melengkapi keindahan Pantai Wawaran. Laut dalam dan biru, tidak jauh dari tepi pantai tampak di bawah permukaan batu karang, lilin dan layu didorong oleh gelombang khas Pantai Selatan.

Selain keindahan pantainya, Pantai Wawaran bahkan membanggakan nama Pacitan dan Jawa Timur dengan prestasi yang diraih oleh Kelompok Nelayan Mina Upadi ketika juara lomba Optikapi tingkat nasional tahun 2005 dihadirkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara. Atas prestasinya, kelompok nelayan yang berdiri pada tahun 1987 dan terdiri dari 65 perahu nelayan tradisional hadiah adalah 25 Gross Ton (GT).

Untuk sampai ke pantai, dari arah Pacitan menuju Kebonagung, ke timur, setelah jembatan ada tiga persimpangan ke kiri (ada prasasti Kebon Agung, Pantai Wawaran) mengikuti jalan setapak itu, hingga ia datang ke Pantai Wawaran.

Pantai Wawaran Pacitan yang masih alami menjadi pusat mata pencaharian masyarakat karena telah menjadi nafas kehidupan bagi mereka. Selain pesona alam yang indah, pantainya yang indah juga sangat produktif menghasilkan ikan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat sekitarnya.

Fasilitas Pantai

Pantai Wawaran Pacitan memiliki beberapa fasilitas yang nantinya bermanfaat bagi para wisatawan yang datang ke pantai termasuk fasilitas-fasilitas tersebut; Perahu Nelayan: kita yang tidak tahu tentang kapal dan cara menjalankannya sangat cocok untuk kita yang ingin memperdalam pendidikan tentang kapal atau bisa juga dijadikan sarana media pembelajaran bagi kita. Sebuah tempat yang teduh dan sejuk ketika kita ingin bersandar sambil menikmati Pantai Wawaran yang indah.

Perjalanan Pantai

Dari Yogyakarta ke Pacitan jaraknya sekitar 135 kilometer. Jarak ini bisa ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Rute yang diikuti adalah; dari Yogyakarta-Wonosari-Wonogiri-Pacitan. Dari pusat kota Pacitan dapat menuju langsung ke timur sekitar 35 kilometer ke lokasi pantai Wawaran. Waktu perjalanan dari pusat kota Pacitan sekitar satu jam perjalanan.

Tiket Masuk Pantai

Tiket masuk ke Pantai Wawaran Pacitan gratis tanpa dipungut biaya.