Pantai Taman Pacitan Jawa Timur

Diposting pada

Pantai Taman Pacitan adalah salah satu pantai di kota Pacitan yang memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pantai Taman memiliki beberapa hiburan yang bisa Anda coba, antara lain flying fox, kolam renang dan konservasi penyu. Ayo kita liburan ke Pantai Taman Pacitan Jawa Timur, Berikut ini merupakan ulasan hiburan untuk liburan kalian;

Pantai Taman Pacitan Jawa Timur

93. taman beach pacitan 630x380 - Pantai Taman Pacitan Jawa Timur
pantai taman pacitan

Kolam renang

Bermain air sangat menyenangkan terutama saat bermain air di pantai. Pantai Pacitan memiliki ombak yang cukup besar yang dipanggil untuk semua pengunjung agar sadar akan ombak yang datang tiba-tiba. Tidak sedikit orang tenggelam keganasan gelombang laut selatan ini. Untuk mengantisipasi hal ini, maka buatlah kolam anti-tenggelam di pantai untuk menghindari keinginan mereka untuk berenang di pantai, tetapi minimal dari segi risiko, sambil memastikan kenyamanan saat berenang di Pantai Taman Pacitan.

Kolam renang memiliki dua kategori: untuk anak-anak dan orang dewasa dibatasi oleh tanda. Untuk kolam dewasa memiliki kedalaman air 150 cm, sedangkan kedalaman kolam anak-anak 70 cm. Kolam renang terletak di pintu masuk barat Pantai Taman Pacitan, untuk sampai di sini, silakan ikuti jalan ke barat sekitar 300 m Anda akan menemukan kolam renang dengan pemandangan ke laut dan ombak laut selatan yang khas.

Untuk bermain di kolam, Anda harus membayar biaya masuk 5.000 IDR untuk satu entri. Fasilitas yang diberikan cukup tersedia dari ruang ganti atau kamar mandi umum, serta ruang tunggu yang representatif. Pada hari libur, kolam renang ramai dikunjungi oleh anak-anak yang sedang belajar berenang atau hanya bermain saja.

Konservasi Penyu

Saat Anda berkunjung ke Pantai Taman Pacitan jangan lupa melihat penangkaran penyu. Di sini pengunjung dapat melihat kura-kura lebih dekat dan belajar bagaimana menghormati alam. Selain itu, pengunjung juga dapat melihat proses pengembangan perawatan kura-kura dan bisa menjatuhkannya ke laut. Penangkaran penyu dikelola oleh penduduk setempat yang merupakan anggota kelompok konservasi penyu. Pelepasan penyu bisa dirasakan oleh warga pengelola konservasi penyu. Untuk beberapa tahun terakhir, upaya yang dicapai sekitar USD 14 juta, dan setiap kura-kura dilepas ke laut dengan nilai 20.000 rupiah. Hingga saat ini jumlah kura-kura yang dilepaskan gratis telah mencapai – + 800 ekor, ratusan kura-kura yang dikembangbiakkan di penangkaran sejak Desembar 2012 lalu hingga saat ini.

Beberapa waktu sebelum program konservasi penyu ini, penduduk setempat memotong dan mengonsumsi daging dan telur penyu. Setelah program, kustom memotong dan memakan daging dan telur penyu semakin berkurang. Warga mulai menyadari penyu adalah binatang yang dilindungi peraturan daerah Pacitan Nomor 15 Tahun 2011 tentang pengelolaan sumber daya laut.

Penyu dapatkan dari penyu saat ini sedang keluar dari pantai untuk bertelur di malam hari, biasanya pada bulan April hingga Agustus. Pada saat itu mengambil kelompok konservasi penyu dan bertelur di lokasi pemuliaan. Sekitar 50 hari, telur-telur itu mulai menetas dan siap diletakkan di kolam berisi air laut.

Flying Fox

Flying Fox adalah olahraga paling ekstrem di Pantai Taman Pacitan. Flying Fox memiliki panjang 450 m dengan kapasitas muatan 95 kg dengan 4 pemandu, yaitu satu orang yang berada di atas tebing, dua orang berada di luar angkasa dan satu orang berada di dekat kolam untuk menarik seling. Flying Fox di Taman Pantai ini adalah Flying Fox terpanjang di Indonesia. Ada beberapa turis datang hanya untuk bermain olahraga ekstrem ini, mereka datang dari berbagai kota di Indonesia dan bahkan ke luar negeri seperti Korea dan Malaysia. Untuk menikmati olahraga ekstrem ini, Anda harus berjalan di sepanjang tebing, Anda juga harus membayar tiket seharga 30.000 rupiah setelah meluncur. Flying Fox Sports buka setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pantai Taman secara administratif terletak di bagian timur Pacitan, tepatnya di dusun Taman, desa Hadiwarno, kabupaten Ngadirojo. Rute menuju pantai sangat mudah, jika Anda dari arah Pacitan melewati South Cross Road (JLS: Jalur Lintas Selatan). Di perjalanan, Anda akan melewati sebuah pantai yang terletak tepat di pinggir jalan bernama Soge Beach. Sesampainya di desa Hadiwarno silakan lihat rambu-rambu ke Pantai Taman Pacitan.