Pantai Pangasan Pacitan

Diposting pada

Pacitan saat ini semakin baik dalam kinerjanya, terutama di situs pariwisata. Salah satu situs wisata baru yang mulai populer adalah Pantai Pangasan. Di Pangasan, ada batu raksasa besar yang menyala di sepanjang bagian barat pantai. Batuan ini juga menjadi landmark dari pantai Pangasan.

Terletak di desa Kalipelus, kecamatan Kebonangung, Pantai Pangasan cukup dekat dari pusat kota Pacitan. Untuk mencapai desa Kalipelus, kita membutuhkan setengah jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun, perjalanan untuk mencapai pantai cukup sulit.

Pantai Pangasan Pacitan

9. pangasan beach pacitan2 630x380 - Pantai Pangasan Pacitan
pantai pangasan pacitan

Dari Pacitan, jika Anda pergi ke pantai pangasan, Anda dapat mengaksesnya melalui JLS atau Jalur Lintas Selatan (South Cross Road). Sebenarnya ada jalan terdekat setelah melewati jembatan Jelok Kayen lalu belok kanan. Tetapi karena kondisi jalan tidak begitu baik, disarankan untuk melewati jembatan layang Gayam. Tepat sebelum flyover, Gayam belok kiri di jalan menanjak, lalu belok tajam ke kanan di Market Gayam. Dari Pasar Gayam, jalan lurus dan lewati jembatan, dan tempel di jalan utama. Jalannya menanjak dan setelah bertemu gerbang masuk desa Klesem ada persimpangan tetapi pilih jalan lurus (jika belok kiri adalah arah ke pantai Kaliuluh). Ikuti sepanjang jalan aspal campuran panas utama, untuk memenuhi persimpangan ke arah Balai Desa Kalipelus (ada sebuah monumen di tengah persimpangan). Dari pertigaan ini belok kiri dan tak lama kemudian bertemu persimpangan lain dan ambil rute kiri.

Selanjutnya, kita akan melewati Elemnetary School dengan cara yang benar, kemudian Balai Desa Kalipelus, setelah itu jalan mulai menurun. Ambil jalan utama sampai bertemu pertigaan lain, belok kiri. Di persimpangan lain ambil rute yang benar, sampai bertemu persimpangan lainnya, ambil kiri. Anda arive di desa penghuninya, dan Anda lebih baik memarkir kendaraan Anda di sini dan berjalan-jalan melalui sawah dan hutan tropis dan bertemu pantai Pangasan.

Gunung Lanang

Setelah mencapai pantai, kita bisa menuruni jalur setapak ke arah barat dan menuju ke Gunung Lanang, yang merupakan landmark dari Pantai Pangasan.

Gunung Lanang atau Gunung Lanang, adalah jubah kecil yang terlihat terpisah dari daratan utama. Jika kita bisa melihat dari bagian timur Gunung Lanang, maka kita akan melihat batu yang menjulang tinggi.

Pantai wilayah barat oleh penduduk setempat biasa disebut Pantai Pangasan, dengan ciri khas pantai berupa lapisan batu. Di tepi pantai adalah area sawah yang menjadi milik penduduk setempat yang masih bagian dari desa Kalipelus.