Pantai Klayar Pacitan

Diposting pada

Pantai Klayar berada di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 35 km ke arah barat kota Pacitan. Dapat mencapai sekitar 60 menit dari kota. Banyak rockies seperti spink di Mesir bermukim di pantai ini. Klayar dengan gundukannya memiliki fitur khas dari yang lain. Ombaknya menerjang batu yang menyembur dari lubang membuat suara seperti seruling bambu. Ombak yang mengalir deras ke pantai dan keluar melalui lubang yang menyembur setinggi sekitar 7 meter dan memiliki suara seperti tiupan seruling bambu.

Pantai Klayar Pacitan

 

pantai klayar
pantai klayar

Pantai Klayar memiliki keindahan yang menawan. Pantai ini sangat alami karena tidak banyak pengunjung yang datang ke pantai ini. Pantai Klayar sangat sunyi; Anda bahkan dapat mendengar angin yang berhembus dan menikmati nuansa di sekitar pantai.

Pantai Klayar terletak sekitar 45 km barat Pacitan dan dapat dicapai dengan sepeda motor atau mobil pribadi. Saat bepergian ke Klayar, pengunjung akan dihadapkan dengan jalan yang menantang namun istimewa di beberapa bagian, tikungan tajam dan rute berbukit. Ada beberapa bagian dengan naik turunnya yang cukup ekstrem. Namun demikian, keindahan pemandangan bukit dan lembah hijau akan menemani sepanjang perjalanan ke Pantai Klayar.

Pantai Klayar bisa dikatakan sebagai pantai yang cocok untuk berselancar. Pada waktu-waktu tertentu, ombak yang ada sangat cocok untuk berselancar. Selain itu, panoramik kebiruan dan pantai berpasir putih akan memanjakan Anda untuk tinggal lebih lama di tempat ini.

Untuk mencapai pantai Klayar dapat diakses dengan menggunakan mobil atau motor, sedangkan transportasi umum tersedia di pagi hari, bersama-sama dengan masyarakat yang pergi ke pasar.

Jika Anda dari Yogyakarta, ada beberapa rute yang dapat dipilih, tetapi cara tercepat direkomendasikan dari Kabupaten Gunung Kidul, melalui Wonosari, dan hanya membutuhkan 2,5 jam. Rute ke Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari adalah: Wonosari – Pathuk – Kota Wonosary – Pracimantoro – Giribelah – perbatasan Jawa Tengah & Jawa Timur – Punung – Klayar.

Sementara mereka yang datang dari Solo melalui Pracimantoro, mereka dapat melanjutkan rute sampai mencapai Giribelah dan belok kanan ke Kalak dan tiba di Klayar.