Pantai Karang Bolong Pacitan

Diposting pada

Seakan tidak mau kalah dengan daerah yang lain, selain Anyer, Kebumen, Cilacap dan Banten, Pacitan di Jawa Timur juga memiliki Pantai Karang Bolong. Karang Bolong di sini adalah salah satu pantai terkenal di Pacitan, selain Pantai Klayar dan Teleng Ria. Bahkan lokasi pantai juga tidak jauh dari Pantai Klayar. Pantai Karang Bolong mirip dengan Pantai Uluwatu di Bali, bernama Pacitan versi Uluwatu.

Pantai Karang Bolong Pacitan

7. karang bolong beach pacitan3 630x380 - Pantai Karang Bolong Pacitan
pantai karang bolong pacitan

Lokasi Pantai Karang Bolong terletak di desa Sendang, kabupaten Donorojo. Sekitar 35 km di sebelah barat Pacitan. Sebuah kota yang terletak di ujung Barat Daya provinsi Jawa Timur memiliki banyak potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi walaupun beberapa belum dikelola.

Akses Jalan Pantai Karang Bolong

Akses jalan ke Pantai Karang Bolong tidak sulit, jalur termudah adalah melalui rute Klayar. Dengan melintasi Pacitan – Solo, dan di persimpangan Punung (lihat rambu Goa Gong). Dari kota Pacitan belok kiri dan ikuti jalan menuju Goa Gong sampai pertigaan. Kemudian pilih belok kanan menuju Goa Gong atau Pantai Klayar, setibanya di area parkir Goa Gong ikuti jalur utama untuk mendapatkan persimpangan, lalu belok kiri ke arah desa Sendang terus ke pertigaan dengan papan penunjuk arah Pantai Klayar.

Kemudian belok kanan mengikuti jalur Klayar, sampai di pintu masuk situs Pantai Klayar, sekarang ada jalan masuk luas Pantai Karang Bolong belok kanan di depan pas pas tiket masuk lokasi Klayar. Kemudian belok kanan tidak jauh lagi maka kalian akan tiba di Pantai Karang Bolong.

Tentunya kalian tidak akan bosan dalam perjalanan ke pantai, karena mata akan dimanjakan oleh pemandangan khas pedesaan, joglo, batu karst, gua kecil, bukit dan pegunungan hijau selama perjalanan. Sesampainya di Karang Bolong, kita bisa menikmati keindahan laut lepas Samudra Hindia, dengan tebing-tebing hijau yang menantang ombak hingga ke ujung tebing yang menjorok ke laut.

Kawasan Karang Bolong Seperti Tanjung

Kalian harus tahu bahwa sebenarnya Pantai Karang Bolong bukan pantai berpasir, tetapi hanya tebing yang menjorok ke laut seperti tanjung. Dan tebing tidak bisa turun karena sangat curam untuk dijangkau dan memiliki air biru tua dengan ombak yang kuat. Jadi jangan berharap bisa bermain air di sini. Tetapi jangan khawatir karena ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di sini.

Karena di puncak tebing ini permukaannya rata dan lebar di satu ujung dan memanjang. Sekeliling rumput hijau sehingga sekilas seperti ladang dengan pepohonan kecil dan pandan di tepian menambah keindahan. Bagi Anda yang berniat bermalam di sini, Anda bisa leluasa mendirikan tenda.

Sebenarnya, banyak tebing di sini yang bisa kalian jelajahi lebih jauh. Selain itu tebing utama kira-kira memiliki tiga lubang. Sementara di sisi lain masih ada tempat surga yang tak kalah indah dari tebing utama, seperti Air Terjun Karang Bolong. Air terjun ini adalah muara sungai kecil yang berada di atas tebing sehingga airnya langsung turun ke laut. Dan lokasi air terjun berada di tebing kanan runtuh.

Namun sayangnya, air terjun ini bersifat musiman, sehingga biasanya akan kering di musim kemarau. Jika kalian pernah menyaksikan air terjun eksotis yang mengalir ini berarti kalian adalah orang-orang yang beruntung.

Pesona Pantai Karang Bolong adalah objek fotografi terbaik. Tempat Tebing Karang Bolong adalah salah satu tempat favorit untuk berburu foto Sunrise dan Sunset. Tebing di tengah laut dan ke selatan. Dengan suasana lanskap yang sangat indah berpadu dengan keunikan dan berbeda sebagai landmark khas Pacitan.