Pantai Dangkal Pacitan

Diposting pada

Kecamatan Kebonagung dikenal sebagai daerah yang memiliki tujuan pantai paling banyak dibandingkan daerah lain di Pacitan. Ada 10 pantai yang terletak di kecamatan ini dan beberapa di antaranya sudah populer dan yang lain masih perawan. Salah satu pantai di Kebonagung yang memiliki bentang alam unik adalah Pantai Dangkal atau yang lebih dikenal dengan Padi Dangkal. Meskipun jalan mencapai pantai tidak mudah, akan terbayar setelah sampai di pantai ini.

Pantai Dangkal Pacitan

4. dangkal beach pacitan 630x380 - Pantai Dangkal Pacitan
pantai dangkal pacitan

Pantai Padi Dangkal memiliki 2 rute utama sebagai pintu masuk:

Rute barat. Dari Pacitan kita bisa mengambil Jalur Lintas Selatan atau rute selatan Pacitan; Setelah melewati flyover Gayam, kami langsung menuju ke desa Worawari. Selalu perhatikan di sisi kanan, sampai Anda menemukan persimpangan ke Pantai Dangkal, tepat sebelum Jembatan Worawari. Pada titik ini, kita akan melewati jalan berbatu dan hanya bisa dilewati oleh sepeda motor. Setelah mencapai tepi pantai, kita harus berjalan-jalan dan menyeberangi sungai.

Rute Timur. Jalan di rute ini hampir sama dengan rute barat, yaitu mengambil Jalur Lintas Selatan Pacitan. Setelah menemukan gerbang biru besar di jalan yang benar, kita bisa melanjutkan perjalanan baik menggunakan mobil atau motor, karena jalannya dalam kondisi baik.

Pemandangan di Pantai Dangkal timur seindah di sisi barat. Kita bisa menyusuri pantai lebih bebas, karena pantainya lebih panjang. Tebing raksasa dan Gunung Limo yang indah sebagai latar belakang akan memberikan tamasya yang luar biasa di sekitar pantai.

Di ujung timur tebing, ada tangga yang bisa digunakan untuk memanjat tebing untuk melihat pemandangan dari atas bukit Pantai Dangkal. Perlu lebih berhati-hati saat mencapai tangga yang terbuat dari kayu. Dari tebing, kita bisa melihat pantai berpasir putih dengan highlight kecoklatan dan nuansa hijau di atas sawah milik penduduk setempat.

Pantai Dangkal adalah paket lengkap untuk kegiatan wisata alam. Kita bisa melakukan camping, memancing, berenang, hingga kegiatan yang agak ekstrem seperti selancar dan panjat tebing. Kita dapat mencapai pantai ini dari pusat kota Pacitan selama sekitar 45 menit.