Goa Gong Pacitan

Diposting pada

Goa Gong atau Gua Gong adalah gua paling indah di Pacitan; dikatakan sebagai gua paling luar biasa di Pulau Jawa dan bahkan di Asia Tenggara. Ini karena eksotis gua ini lebih berharga daripada gua lainnya di Pulau Jawa. Didalam goa ini diberi fasilitasi sorot lampu yang menambah kesan eksotis.

Goa Gong Pacitan

5. gong cave punung pacitan2 630x380 - Goa Gong Pacitan
goa gong pacitan

Gua Gong memiliki stalaktit dan stalagmit yang konon menjadi yang terindah di Asia Tenggara. Ini memiliki kedalaman sekitar 256 m, juga memiliki 5 jajak pendapat, yaitu Rogo Pool, Panguripan Pool, Jiwo Pool, Kamulyan Pool, dan Ralung Nisto Pool, yang memiliki nilai ajaib untuk menyembuhkan penyakit.

Goa Gong terletak di dalam Gunung Gong-Gongan, secara administratif di Dusun Pule, Desa Bromo, Kecamatan Punung, Pacitan. Berjarak sekitar 37 Km ke arah barat dari kota Pacitan. Nama Goa Gong diambil dari Stalaktit dan Stalagmit yang dapat menghasilkan suara jika dipukul, seperti halnya suara Gong, instrumen tradisional Jawa.

Untuk mencapai Goa Gong relatif mudah dan menjadi lebih mudah jika dicapai dari Yogyakarta (Wonosari) atau Solo, Jawa Tengah. Jalannya lebar dan nyaman untuk dilalui. Setelah melewati jalan desa, lokasi menjadi sempit dan inilah saatnya memperlambat kendaraan.

Pada hari-hari tertentu setiap hari Jumat, akan ada suara yang disebut “Jaranan” gong (gong tradisional). Namun, Goa Gong memiliki beberapa ruang dalam bentuk kubah raksasa dengan panjang sekitar 100m, lebar 15-40 m dan tinggi 20-30 m. Gua entrence berupa lorong pendek yang penuh dengan Stalaktit dan Stalagmit; Stalaktit dan Stalagmit menghubungkan penghubung dan gua kubah.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Goa Gong:
Tempat yang menjual Batu Akik atau Batu Akik
Supermarket di sekitar Goa Gong
Pusat perbelanjaan untuk kerajinan tangan Pacitan
Toko oleh-oleh untuk hadiah tangan Pacitan
Tempat sholat
Toilet
Layanan peminjaman senter untuk menjelajahi Goa Gong
Layanan panduan
Bagaimana menuju ke sana :
Untuk mencapai lokasi dapat dilakukan dengan menggunakan sepeda motor, bus atau kendaraan pribadi, dan dapat dengan mudah dicapai dengan melewati jalan yang kondisinya baik.

Biaya masuk

Bagi kalian yang datang dan berkunjung ke Goa Gong harus membayar biaya tiket masuk sekitar Rp. 12.000 per orang. Dijamin liburan kalian akan berkesan dengan panorama keindahan goa yang satu ini.