Fenomena Alam Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Diposting pada

Kali ini saya akan berbagi informasi Fenomena Alam Pantai Klayar, yang berada di Kabupaten Pacitan Provinsi Jawa Timur, pantai yang satu ini akan memberikan pengalaman tersendiri bagi siapa saja termasuk saya yang pernah berkunjung kesana. Fenomena Alam Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur mempunyai Panorama yang ada dari suasana pantai yang masih alami, pasir putih agak kecoklatan dengan butiran halus dengan karang yang menjorok kelaut, pengunjung yang pernah berwisata ke pantai ini sering berkata bahwa keindahan pantai ini hampir sama seperti pantai pasir putih yang ada di Bali. Pantai Klayar merupakan objek wisata yang indah karena dihiasi dengan bukit-bukit indah di sekitarnya dan juga berbagai batu karang besar yang memecah ombak.

klayar 630x380 - Fenomena Alam Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur

Perjalanan Objek Wisata Pantai Klayar

Perjalanan menuju ke objek wisata Pantai Klayar begitu mengesankan karena melaui jalan naik turun, berliku-liku, dan dihiasi pemandangan sejauh mata memandang dengan deretan banyak bukit, terlihat dari pinggir jalan juga banyak goa kecil yang memiliki stalaktit dan stalakmit. Objek Wisata Pantai Klayar diwilayah Pacitan ini memiliki garis pantai berpasir putih dengan dihiasi deretan pohon kelapa di pinggir pantai menambah suasana keindahan Pantai Klayar dari atas bukit. Dari pusat Kota Pacitan jaraknya kurang lebih sekitar 40 km kira-kira 2 jam perjalanan dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. Jalan menuju ke lokasi Pantai Klayar ini agak naik turun jalannya yang ekstremnya melebihi jalur Puncak bogor dengan beberapa bukit dan tebing di sisinya. Sepanjang perjalanan juga anda akan melihat cukup banyak terdapat objek wisata goa – goa.

Ciri Khas Pantai Klayar

Ada ciri khas yang menarik di pantai klayar, Yaitu semburan air laut dari sela-sela karang, semburan air laut yang tertekan dari bawah tebing, Karena keberadaan arus air laut dibagian bawah lebih tinggi, maka dari itu terjadilah semburan air laut ke atas melalui sela-sela batu karang. Dan para pengunjung menjulukinya dengan Seruling Samudra. Untuk anda yang mengunjungi pantai di Pacitan ini disarankan tidak berenang di pantai ini, hal ini dikarenakan ombak di pantai klayar terbilang cukup besar, dan pantai ini juga termasuk pantai yang dasar lautnya tidak rata kata orang. Anda juga bisa mendaki tebing yang ada disekitar pantai klayar tersebut dan menikmati keindahan pantai klayar dari atas. Jika anda datang di waktu yang tepat, anda juga dapat melihat keindahan matahari terbenam di bibir pantai.

Fasilitas Pantai Klayar Pacitan

Fasilitas di pantai klayar sudah cukup memadai. Disana sudah tersedia kamar mandi dan toilet yang bersih, warung-warung pinggir pantai klayar serta homestay yang murah. Anda bisa memilih beberapa penginapan yang ada seperti, Homestay Larasati, Homestay Mukidi, Homestay Pak Gimun, Homestay Vidia, Homestay Pak Teguh, Homestay Rizki, Homestay Wijaya, Homestay Amanah, dan masih banyak yang lainnya. Anda cukup menyediakan budget sebesar 100 sampai 200 ribu saja untuk menyewa satu kamar permalamnya. Dan waktu itu saya dan keluarga menginap di Homestay Larasati yang jarak ke Pantainya hanya 30 m saja, dengan fasilitas yang menurut saya sudah cukup.

Oh ya ada satu lagi, disepanjang pantai juga disewakan ATV buat anda dan keluarga yang mungkin ingin keliling pantai tanpa jalan kaki, serta para ojekers yang siap mengantar rombongan keluarga dan teman-teman anda ke lokasi parkir kendaraan dari bibir pantai. Itulah sedikit informasi dari saya mengenai fenomena alam di Pantai Klayar Pacitan, Jawa Timur. Semoga liburan anda dan keluarga menyenangkan.