Destinasi Wisata Semarang Terbaik dan Terpopuler

Diposting pada

Semarang ternyata juga memiliki potensi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, khususnya pada sektor wisata alam. Mulai dari hutan, pantai, air terjun hingga bangunan bersejarah yang indah dan mudah anda temukan di Kota Lumpia ini. Berikut ini akan kami sampaikan Destinasi Wisata Semarang Terbaik dan Terpopuler diantaranya Lawang Sewu, Gereja Blenduk, Klenteng Sam Po Kong, Masjid Agung Jawa Tengah, Pantai Tirang, Kota Lama Semarang, Gunung Unggaran, Benteng Pendem Ambarawa, Brown Canyon, Kampung Batik Semarang, Gardu Pandang Lereng Kelir, Wisata Alam Rawa Pening, Hutan Pinus Kayon.

Tugu muda51 630x380 - Destinasi Wisata Semarang Terbaik dan Terpopuler

1. Lawang Sewu
Sampai saat ini keberadaan bangunan Lawang Sewu merupakan ikon pariwisata kota Semarang yang paling populer. Selain terkenal memiliki banyak sekali pintu apabila diamati ada seribu pintu, bangunan bersejarah ini juga dikenal masyarakat secara luas karena kisah horror dan angker. Maka tidak heran jika objek wisata di Daerah Semarang ini sangat ramai dikunjungi saat malam hari tiba, dikarenakan juga lokasi Lawang Sewu berada ditengah kota dan berada dipinggir jalan raya.

2. Gereja Blenduk
Selain Lawang Sewu, masih ada bangunan bersejarah lainnya di Semarang yang bisa anda jelajahi yaitu Gereja Blenduk. Bangunan peninggalan Belanda yang telah berdiri sejak 1753 ini merupakan salah satu bangunan gereja tertua yang ada di Indonesia. Detail bengunan arsitektur yang memiliki khas pada zaman kolonial membuat banyak orang yang mengunjungi tempat ini untuk mengagumi keindahan dari arsitektur objek wisata di Semarang.

3. Klenteng Sam Po Kong
Klenteng Sam Po Kong merupakan tempat wisata di Semarang bernuansa Religi untuk pemeluk ajaran Kong Hu Cu. Objek wisata yang sarat akan arsitektur pecinan ini juga memiliki nilai sejarah sebagai salah satu tempat yang pernah disinggahi Laksamana Cheng Ho. Berkunjung ke Klenteng Sam Po Kong, anda bisa berburu spot-spot foto yang menarik dan instagramable, jadi jangan sampai lupa bawa lensa kamera terbaikmu jika berada di kawasan ini.

4. Masjid Agung Jawa Tengah
Tujuan tempat wisata di Semarang lainnya yang bisa menjadi alternatif liburan anda adalah Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang terkenal akan keberadaan enam buah payung raksasa ini memiliki arsitektur megah yang sangat memukau. Payung raksasa yang menyerupai payung yang terdapat di Masjid Nabawi ini biasanya akan dibuka pada saat shalat Idul Fitri dan juga Idul Adha sebagai peneduh jamaah yang tengah melaksanakan shalat dibawahanya.

5. Pantai Tirang
Meski letaknya tak jauh dari Pantai Marina, para pengunjung yang liburan ke Semarang sering melewatkan Pantai Tirang sebagai tempat tujuan. Padahal, Pantai Tirang ini tak kalah cantiknya dari Pantai Marina. Di sekitar pantai ini terdapat wilayah penanaman pohon mangrove. Selain itu, banyak juga terdapat terumbu karang yang menambah keindahan suasana pantai. Menurut warga Semarang, Pantai Tirang adalah tempat yang sangat bagus untuk memancing ikan kerapu.

6. Kota Lama Semarang
Kota Lama Semarang adalah pusat perdagangan di era 1920-an, pada saat Indonesia masih menjadi jajahan negeri Belanda. Apabila anda pernah melihat teman, saudara maupun kerabat yang sedang berwisata Semarang berfoto-foto di suatu tempat dengan suasana jadul dan kuno, bisa dipastikan mereka sedang berada di Kota Lama Semarang. Arsitektur bangunan-bangunan tua dan unik masih berdiri tegak di kawasan ini, menjadikannya latar belakang foto yang menarik dan tak boleh dilewatkan.

7. Gunung Unggaran
Bagi anda yang gemar bertualang, Gunung Unggaran bisa jadi alternatif tempat wisata di Semarang yang kamu kunjungi. Di kawasan Gunung Unggaran, anda bisa melakukan trecking dan juga camping di tengah asrinya alam. Selain itu, ada beberapa destinasi tempat wisata lainnya di kawasan wisata ini yakni Candi Gedong Songo yang bisa anda singgahi.

8. Benteng Pendem Ambarawa
Berada tak jauh dari Museum Kereta Api Ambarawa, anda bisa menemukan objek wisata sejarah di Semarang yang cukup menarik, yakni Benteng Pendem Ambarawa. Dinamakan Benteng Pendem karena desain benteng ini awalnya berada di bawah tanah dan dirancang demikian sebagai strategi pertahanan kala itu. Meskipun benteng yang dibangun sejak tahun 1834 ini sudah tidak utuh, namun anda masih bisa melihat sisa-sisa bangunan benteng yang berdiri kokoh hingga saat ini.

9. Brown Canyon
Kalau Amerika Serikat punya Grand Canyon, Indonesia punya Brown Canyon tepatnya di Semarang. Panorama tebing-tebing yang menjulang tinggi berwarna cokelat yang menakjubkan siap menyambut siapa pun yang datang. Pastinya, pemandangan mewah ini sangat bagus bila diabadikan melalui lensa kamera. Brown Canyon ini sebenarnya adalah wilayah galian tanah uruk, padas, dan pasir seluas kurang lebih 50 hektar. Di siang hari, para pengunjung masih bisa melihat dan bertemu langsung dengan para penambang yang bekerja di sana. Hanya dengan membayar Rp 3.500 untuk biaya masuk, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan mengambil foto-foto bagus di sekitar kawasan ini.

10. Kampung Batik Semarang
Kampung Batik Semarang adalah sebuah tempat dimana pengrajin batik membuat dan menjual langsung hasil karya mereka. Selain menyaksikan secara langsung proses pembuatan batik, Anda juga bisa berfoto-foto di depan tembok-tembok bergambar lukisan-lukisan indah di sini. Daripada membeli batik di toko-toko pinggir jalan atau mall-mall, lebih baik kita beli langsung di Kampung Batik Semarang.

11. Gardu Pandang Lereng Kelir
Dengan populernya tempat-tempat wisata di mana pengunjung bisa berfoto dari ketinggian dengan latar pemandangan alam, Semarang juga tak mau ketinggalan. Potensi wisata Semarang yang satu ini bernama Gardu Pandang Lereng Kelir. Gardu Pandang Lereng Kelir lokasinya berada di kaki Gunung Kelir, sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota. Gardu Pandang Lereng Kelir berada di ketinggian sekitar 715 mdpl, Para pengunjung bisa berfoto dengan berlatarkan langit biru serta hijaunya pemandangan Kota Ambarawa dan Semarang.

12. Wisata Alam Rawa Pening
Rawa Pening merupakan pilihan destinasi wisata alam di Semarang yang cukup menarik untuk anda kunjungi. Destinasi objek wisata di wilayah Semarang ini merupakan wisata alam terdapat danau rawa dengan latar belakang pegunungan. Komposisi inilah yang memberikan panorama indah, khususnya menjelang matahari terbenam di Rawa Pening, Ambarawa.

13. Hutan Pinus Kayon
Terletak di kawasan lereng Gunung Merbabu, tepatnya Dusun Kakung, Kecamatan Getasan, Hutan Pinus Kayon menawarkan suasana indah dan sejuk untuk dinikmati. Deretan pohon-pohon pinus tinggi menjulang bisa jadi background yang keren untuk berfoto-foto. Di sekitarnya juga terdapat beberapa mata air. Pas banget buat bersantai atau piknik bareng sahabat, keluarga dan teman.